Sunday, December 5, 2010

Kuliner Khas Kota Kediri


Bertempat tinggal di Kediri merupakan sebuah kebanggaan, Selain memiliki tempat wisata yang indah juga memiliki tampat kuliner yang khas dengan lidah orang Kediri maupun lidah Oi alias Orang Indonesia pada umumnya, berikut ini beberapa tempat kuliner yang patut dicoba bagi semua yang ngaku doyan kuliner gan..


Mencicipi Sedapnya Klepon Lopis Khas Pagu Kediri

Bagi sebagian orang Kediri, jajanan pasar klepon dan lopis, mungkin sudah tidak asing lagi. Selain dijajakan secara keliling, makanan tradisional tersebut banyak dijual di pasar pasar. Ehmmm.. paling enak jika dinikmati sambil bersantai, ditemani secangkir kopi atau teh hangat. Di Kabupaten Kediri, ada beberapa tempat yang terkenal menjual klepon dan lopis, tepatnya berada di Desa Wonosari Kecamatan Pagu. Salah satunya, ibu Sri Natun. Kepada saya, bu Sri Natun mengaku sudah hampir 30 tahun berjualan klepon lopis. Kalau bicara rasanya... bikin kita ketagihan.

http://www.andikafm.com/news/detail/1739/11/mencicipi-sedapnya-klepon-lopis-khas-pagu


Bakso Mata Sapi, Bakso Dengan Kuah Tanpa Lemak
Bakso Mata Sapi, membaca sekilas tulisan tersebut, yang terbersit dalam pikiran kita tentu, bakso yang terbuat dari mata sapi. Padahal, itu hanya sebutan warung bakso milik Titik Harnawi, yang terletak di Desa Doko Kecamatan Ngasem Kabupaten Kediri. Kalau mencari warung bakso di Kediri, memang tak sulit. Saat ini, banyak bertebaran warung warung bakso dengan berbagai bentuk layanan di Kediri. Namun, ada yang berbeda dengan bakso yang dijual di warung milik Titik. Selain ukurannya, sebesar mata sapi, kuah bakso yang disajikan tidak mengandung lemak, terasa segar, seperti kita makan sup. Sehingga, bagi warga masyarakat yang mempunyai kolesterol tinggi, tetap bisa mencicipi bakso mata sapi dengan aman, tidak perlu khawatir berpengaruh terhadap kesehatan.
http://www.andikafm.com/news/detail/1619/11/bakso-mata-sapi-bakso-dengan-kuah-tanpa-lemak

Pecel Sri Aji Joyoboyo
Jika anda berkunjung ke Kabupaten Kediri, rasanya sayang kalau tidak mencoba makanan yang satu ini, pecel Sriaji Joyoboyo. Disebut pecel Sri Aji Joyoboyo, karena warung pecel milik Sunarsih tersebut, berada disekitar areal wisata petilasan Sriaji Joyoboyo, di Desa Menang Kecamatan Pagu Kabupaten Kediri. Makanan pecel, mungkin tak asing lagi bagi banyak orang, sayuran yang dipadu dengan kuah sambal yang terbuat dari kacang. Namun, ada yang berbeda dengan pecel buatan Sunarsih. Selain bumbunya yang terasa sangat tajam, rasa sambal yang sangat pedas, justru membuat pembeli ketagihan.
http://www.andikafm.com/news/detail/683/11/pecel-sri-aji-joyoboyo

Sensasi Iwak Kali Di Baduk
Menikmati makanan dengan menu utama iwak kali, atau ikan sungai, di depot dan warung, mungkin sudah biasa. Di wilayah Kediri Raya, banyak warung dan depot yang menawarkan menu dengan lauk iwak kali, yang disajikan dalam berbagai olahan. Iwak kali juga bisa dinikmati di rumah, karena iwak kali dalam berbagai jenis, juga sangat mudah didapatkan di pasar tradisional di Kediri Raya.

Namun jika ingin mendapatkan sensasi yang lebih dari sekedar menikmati masakan iwak kali, tidak salah kalau anda mencoba datang ke lokasi favorit di Desa Malangsari Kecamatan Tanjunganom Kabupaten Nganjuk. Tepatnya, di kawasan Baduk. Warga biasa menyebut Baduk, karena di lokasi itu, terdapat pertemuan dua sungai besar, yang mengalir dari kawasan Kecamatan Tarokan dan Grogol Kabupaten Kediri.
http://www.andikafm.com/news/detail/508/11/sensasi-iwak-kali-di-baduk

Nikmatnya Soto Bok Ijo
Jangan mengaku pernah ke Kediri, kalau belum merasakan kelezatan Soto Bok Ijo. Kelezatan Soto Bok Ijo sudah tidak perlu diragukan lagi. Tidak hanya warga asli Kediri, para pendatang dari berbagai daerah yang pernah tinggal di Kediri, pasti akan selalu kangen dengan nikmatnya Soto Bok Ijo. Semua orang yang pernah tinggal di Kediri, pasti mengenal salah satu kuliner khas Kota Kediri tersebut.

http://www.andikafm.com/news/detail/325/11/nikmatnya-soto-bok-ijo

Artikel Terkait



No comments:

Post a Comment